Sabtu, 02 Februari 2013

Kemagnetan

                                                            KEMAGNETAN BENDA


1. PENGGOLONGAN BENDA BERDASARKAN SIFAT KEMAGNETANNYA
Magnet adalah suatu benda yang dapat menarik benda-benda yang terbuat dari besi, baja, dan logam-logam tertentu. Magnet yang pertama kali ditemukan berupa batuan. Batu magnet ini ditemukan di Magnesia (Asia kecil) dekat Yunani. Benda-benda di sekitar kita dikelompokkan menjadi tiga golongan yaitu ferromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik. Ferromagnetik adalah benda-benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet, misalnya besi, baja, nikel, dan kobalt. Paramagnetik adalah benda-benda yang ditarik lemah oleh magnet, misalnya platina dan alumunium. Sedangkan diamanetik adalah benda-benda yang tidak ditarik oleh magnet, misalnya seng dan bismut.
Magnet memiliki sifat-sifat antara lain: dapat menarik benda logam tertentu, gaya tarik magnet terbesar terletak pada kedua kutubnya, selalu menunjukkan arah utara dan selatan, memiliki dua kutub magnet, kutub-kutub magnet berlainan jenis tarik-menarik, dan kutub-kutub magnet yang sejenis tolak-menolak.


Cara Membuat Magnet
Untuk membuat magnet, bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
  1. Dengan jalan penggosokan (cara gosokan) : Dilakukan dengan cara menggosok-gosokkan besi dan baja dengan kutub sebuah magnet. Semakin banyak gosokan yang dilaukan akan semain kuat pula sifat kemagnetan yang dimiki besi atau baja tersebut.
  2. Induksi: Dilakukan dengan jalan mendekatkan sebuah magnet pada benda yang hendak dijadikan megnet.
  3. Elektromagnetik (cara aliran listrik: Dilakukan dengan jalan mengalirkan arus listrik, karena arus listrik bisa menimbulkan medan magnet.
     
    Sifat Magnet
    Sifat magnet adalah tarik menarik apabila didekatkan dua buah magnet yang tidak sejenis, dan akan tolak menolak apabila didekatkan dua buah magnet yang sejenis. Selain itu, sifat magnet yang lainnya adalah garis gaya magnet akan mengalir dari kutub selatan ke kutub utara melalui medan magnet.
    Untuk menghilangkan sifat kemagnetan bisa di lakukan dengan cara di bakar, di banting-banting, magnet diletakkan pada solenoida (kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang sangat rapat) dan dialiri arus listrik bolak-balik (AC), dan bisa juga dengan cara di pukul-pukul.
    Demikian seikit ulasan mengenai pengertian, cara membuat, dan sifat magnet. Bila dirasa pembahasan diatas kurang, Anda bisa mencari referensi tambahan untuk memperkaya pengetahuan tentang magnet. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar